Penyebab Dan Cara Mengatasi Kaki Bengkak

24 Feb

Dalam ilmu kedokteran bengkak disebut sebagai edema, kaki bengkak disebut dengan edema tungkai. Hal ini bisa terjadi pada salah satu kaki atau kedua kaki. Kaki bengkak bisa mengganggu aktivitas, karena seringkali bengkak di kaki disertai dengan rasa sakit. Kaki bengkak dapat disebabkan oleh berbagai faktor, bisa karena adanya gangguan berat seperti penyakit jantung, ginjal. Bahkan bisa juga kaki bengkak ini adalah hal yang wajar terjadi misalnya karena kehamilan.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Kaki Bengkak

Penyebab Kaki Bengkak Yang Harus Diketahui

Radang sendi pergelangan kaki

Seseorang yang terus menerus berjalan atau beraktivitas terlalu berat bisa mengakibatkan aliran darah mendapat tekanan maka pembuluh darah mesti bekerja keras buat menyebarkan darah dengan lancar. Kelelahan terhadap pembuluh darah seputar kaki dapat menyebabkan munculnya radang sendi pergelangan kaki yang memperlambar darah mengalir maka bisa mengakibatkan kaki jadi bengkak.

Pembengkakan kelenjar getah bening

Salah satu penyebab kaki bengkak yaitu karena mengidap pembengkakan kelenjar getah bening. Penyumbatan aliran darah akibar reaksi terhadap sistem getah benung bisa mengakibatkan kaki bengkak dan terasa nyeri pada kaki.

Operasi panggul

Operasi panggul yang belum sembuh mampu mempengaruhi kestabilan saraf dan aliran darah di seputar kaki. Seseorang yang sudah menjalani proses operasi panggul sehingga aliran darah menuju tubuh bagian bawah termasuk juga kaki dapat terhambat dan bisa mengakibatkan kaki jadi bengkak.

Infeksi jaringan kaki

Kaki yang mengalami luka, peradangan lalu infeksi sehingga akan timbul pembengkakan dikarenakan sudah terjadi hubungan luka terhadap radikal bebas atau virus dari orang lain. Keadaan tersebut mengakibatkan jaringan luka lambat untuk kering dan menyebabkan pembengkakan.

Penyakit ginjal

Kaki bengkak dapat disebabkan oleh beragam aspek salah satunya karena mengidap penyakit ginjal atau gangguan fungsi ginjal. Sehingga ginjal 60% sudah kehilangan kemampuan dalam menyaring cairan tubuh dan racun pada tubuh maka tidak jarang berlangsung pembengkakan pada kaki.

Penyakit jantung

Kaki bengkak juga bisa disebabkan karena mengidap penyakit jantung dalam jangka panjang, sehingga bakal mengalami ritme jantung yang tak beraturan. Aliran darah yang tak lancar pada pembuluh arteri jantung dapat mempengaruhi aliran darah pada tubuh termasuk juga terhadap area kaki. kalau keadaan ini tak segera diobati sehingga seputar kaki dapat mengalami pembengkakan.

Pembekuan darah

Pembekuan darah di dpembuluh darah pada kaki dapat menyebabkan aliran darah dari kaki ke jantung jadi terhambat. Penumpukan darah beku dapat menyebabkan kaki bengkak.

Kehamilan

Bila usia kehamilan kehamilan sudah menginjak lebih dari 3 bulan, maka ibu hamil biasanya mengalami pembengkakan terutama pada kaki. Oleh karena itu agar ibu hamil terhindar dari kaki bengkak saat hamil, maka lakukan jalan kaki di pagi hari secara rutin.

Kekurangan magnesium

Salah satu penyebab kaki bengkak adalah kekurangan magnesium. Manfaat dari zat magnesium adalah sangat berperan penting dalam menstabilkan peredaran darah, melindungi pembuluh darah dari penyumbatan atau pengendapan zat tertentu hasil dari makanan yang sudah dikonsumsi misalnya kolesterol dan lemak.

Hal yang harus dihindari ketika kaki bengkak:

  • Jangan memakai celana jeans terlalu ketat
  • Kurangi asupan garam yang berlebihan
  • Jangan duduk terlalu lama
  • Jangan berdiri terlalu lama

Cara mengatasi kaki bengkak secara alami

  • Melakukan olahraga yoga
  • Berendam di air garam
  • Mengangkat kaki
  • Berenang
  • Lakukan olahraga ringan dengan menggerakan kaki
  • Kompres dengan menggunakan es batu

Penyebab kaki bengkak yang lainnya adalah karena adanya gangguan pada fungsi hati, sirosi hati, gangguan pada pembuluh vena, hormon tubuh, terlalu lama berdiri, terlalu lama duduk dan efek samping obat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *