Obat Nyeri Sendi Alami Dari Tumbuhan Yang Ampuh Dan Efektif

28 Mar

Obat nyeri sendi alami dari tumbuhan sangat penting untuk diketahui, terlebih bagi anda yang sedang mencari pengobatan nyeri sendi secara alami. Namun tidak hanya mengetahui saja, tapi juga harus dilakukan ketika anda sedang mengalami nyeri sendi.

Obat Nyeri Sendi Alami Dari Tumbuhan Yang Ampuh Dan Efektif

Obat Nyeri Sendi Alami Dari Tumbuhan Yang Ampuh Dan Efektif

Mengobati nyeri sendi bisa dengan cara alami, berikut adalah tumbuhan yang dapat dijadikan sebagai obat nyeri sendi alami diantaranya:

Daun jarak

Salah satu tumbuhan yang dapat dijadikan sebagai obat nyeri sendi alami adalah daun jarak. Cara mengolahnya sangat mudah yaitu sediakan 10 lembar daun jarak pagar terlebih dahulu, air hangat secukupnya. Cuci daun jarak hingga bersih. Tumbuk daun jarak hingga halus, masukan tumbukan ke dalam air hangat tersebut. Kemudian remas-remas. Lalu balurkan pada sendi yang terasa sakit. Lakukan cara ini 2 kali sehari.

Kulit kayu manis

Kulit kayu manis juga merupakan tumbuhan yang dapat dijadikan sebagai obat nyeri sendi alami. Cara mengolahnya sangat mudah yaitu diantaranya sediakan 2,5 gram bubuk kulit kayu manis serta 1/2 cangkir air hangat. Seduh bubuk kulit kayu manis dengan air hangat yang telah disediakan. Aduk sampai merata, lalu minum airnya. Minum 2 kali sehari dengan dosis yang sama.

Kunyit

Kunyit merupakan rempah-rempah yang bermanfaat untuk kesehatan salah satunya dapat meredakan nyeri sendi. Untuk mengolah kunyit sangat mudah yaitu diantaranya sediakan terlebih dahulu kunyit, lada hitam dan minyak zaitun. Haluskan kunyit bersama lada hitam. Setelah itu dicampur dengan minyak zaitun. Oleskan ramuan ini pada sendi yang sakit.

Jintan hitam

Jintan hitam memiliki zat aspirin alami dan zat flavonoids yang tinggi yang dapat bertindak sebagai analgesik untuk menyembuhkan nyeri termasuk nyeri sendi.

Cara mengolah jintan hitam yang dijadikan sebagai obat nyeri sendi tradisional yaitu diantaranya sediakan terlebih dahulu bahan-bahannya seperti jintan hitam, jahe dan madu. Rebus jintan hitam bersama jahe hingga mendidih, diamkan sebentar. Bila sudah hangat saring airnya. Tambahkan madu secukupnya. Minum ramuan ini 2 kali sehari yaitu di pagi hari dan sebelum tidur malam.

Daun pandan wangi

Cara mengobati nyeri sendi secara alami bisa dengan menggunakan daun pandan wangi. Caranya yaitu sediakan terlebih dahulu bahan-bahannya daun pandan wangi dan minyak kelapa. Cuci beberapa lembar daun pandang wangi. Rebus dengan menggunakan air, dan rebuslah sampai mendidih. Diamkan, sesudah dingin tambahkan dengan minyak kelapa yang sebelumnya sudah dipanaskan. Oleskan ramuan ini sambil melakukan pijatan pada sendi yang terasa sakit.

Akar beluntas

Ternyata tidak hanya daun beluntas yang dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Akarnya pun bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Salah satunya bisa digunakan sebagai obat nyeri sendi.

Cara mengolah akar beluntas untuk mengobati nyeri sendi diantaranya cuci terlebih dahulu akar beluntas, rebus dengan menggunakan air dan rebus sampai mendidih. Saring dan ambil airnya. Minum ramuan ini 1 kali sehari.

Daun dewa

Cara mengobati nyeri sendi juga bisa dengan menggunakan daun dewa, cara mengolahnya sangat mudah yaitu cuci terlebih dahulu beberapa lembar daun dewa. Rebus dengan menggunakan air dan rebuslah hingga mendidih.  Saring dan ambil airnya. Campurkan sedikit madu. Minuman air rebusan daun dewa yang telah dicampurkan sedikit madu 2 kali sehari.

Lengkuas

Tidak hanya kunyit dan jahe saja, rempah-rempah lainnya yang dapat bermanfaat untuk mengobati nyeri sendi adalah lengkuas. Cara mengolahnya sangat mudah yaitu cuci terlebih dahulu lengkuas. Potong menjadi 2 bagian. Tumbuk menajasi setengah halus, tambahkan sedikit madu. Lalu oleskan pada sendi yang nyeri.

Daun landep

Tumbuhan lainnya yang bisa dimanfaatkan sebagai obat nyeri sendi tradisional adalah daun landep. Sediakan daun landep dan air kapur barus secukupnya. Cuci terlebih dahulu daun landep, kemudian tumbuk hingga halus dan campurkan dengan air kapur barus sampai adonan menyerupai bubur. Oleskan ramuan ini pada sendi yang terasa nyeri 1 kali sehari sebelum tidur.

Itulah beberapa tumbuhan yang dapat dijadikan sebagai obat nyeri sendi alami. Setelah anda mencoba menggunakan ramuan-ramuan diatas, semoga dapat membantu anda dalam mengatasi masalah sendi yang terasa sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *