Mengenal Perbedaan Rematik Dengan Asam Urat

12 Jan

Seringkali orang-orang menganggap bahwa rematik dan asam urat adalah penyakit yang sama. Padahal kedua penyakit tersebut berbeda. Perbedaannya bisa dilihat dari penyebabnya dan bagian organ tubuh yang diserang.

Mengenal Perbedaan Rematik Dengan Asam Urat

Perbedaan Rematik Dengan Asam Urat

1.Perbedaan berdasarkan penyebab

Penyebab asam urat adalah kelebihan kandungan kadar asam yang ada didalam darah, maka terjadi penumpukan asam urat yang terletak di tulang dan persendian.

Sedangkan penyebab rematik adalah pengapuran sendi, autoimun dan infeksi. Rematik juga bisa terjadi karena adanya penumpukan asam urat. Sehingga yang terkena asam urat juga bisa terkena rematik.  Tapi, orang yang terkena rematik tidak pasti terserang asam urat, karena rematik terjadi karena beberapa sebab bukan hanya penumpukan asam urat.

2.Perbedaan dari bagian tubuh yang diserang

Asam urat hanya mengalami rasa nyeri hebat di bagian sendi. Sendi-sendi yang terasa nyeri tersebut biasanya dibagian kaki.

Sedangkan rematik bisa menyerang bagian sendi, bahu, leher atau pinggang. Bagian tubuh yang mengalami rematik dapat menyebabkan rasa sakit .

Persamaan asam urat dengan rematik

Asam urat dan rematik tidak sepenuhnya berbeda, tapi ada kesamaan dari kedua penyakit tersebut. Kesamaannya adalah dari cara penyembuhan dan pencegahannya. Penyebab utama dari asam urat dan rematik adalah pola hidup yang tidak sehat. Untuk pencegahan kedua penyakit tersebut harus menerapkan pola hidup sehat, pola makan sehat, hindari makanan yang menjadi pantangannya dan olahraga teratur.

Setelah mengetahui perbedaan rematik dan asam urat, diharapkan masyarakat bisa membedakan rematik dan asam urat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *