Mengenal Penyebab Dan Tanda-tanda Cedera Engkel

9 Jun

Sebagian orang mungkin pernah mengalami cedera engkel. Namun kemungkinan juga belum mengetahui penyebab dan tanda-tanda cedera engkel. Cedera engkel lebih sering disebut dengan keseleo atau terkilir. Biasanya cedera engkel dialami oleh atlet. Sama seperti cedera lainnya, cedera engkel juga akan terasa nyeri saat melakukan tekanan-tekanan tertentu.

mengenal penyebab dan tanda-tanda cedera engkel

Penyebab cedera engkel

Kurangnya pemanasan sebelum melakukan aktivitas

Penyebab cedera engkel yaitu kurangnya pemanasan sebelum melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Padahal melakukan pemanasan sebelum melakukan olahraga sangat diperlukan supaya terhindar dari berbagai macam cedera. Oleh karena itu, bagi anda yang suka melakukan olahraga sebaiknya lakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum olahraga.

Kurangnya pendinginan sesudah melakukan aktivitas

Setiap sesudah melakukan aktivitas seperti olahraga maka sangat diperlukan melakukan pendinginan. Supaya terhindar dari berbagai cedera termasuk cedera engkel. Cedera engkel ataupun cedera lainnya dapat terjadi ketika tubuh telah merasa lelah namun dipaksa terus beraktivitas.

Melakukan gerakan yang tiba-tiba

Melakukan gerakan secara tiba-tiba ketika melakukan gerakan tersebut kaki tidak mampu menumpu pada lantai dengan sempurna sehingga hal tersebut menyebabkan kaki jadi cedera engkel.

Tulang sendi dipaksa menekuk

Saat kaki menekuk ke dalam tubuh dan saat mata kaki menopang seluruh berat badan maka hal ini bisa menyebabkan terjadinya cedera engkel.

Sebelumnya pernah mengalami cedera engkel

Seseorang yang pernah mengalami cedera engkel maka akan lebih rentan mengalami cedera engkel lagi. Karena ligamen yang ada pada orang yang pernah mengalami cedera engkel tersebut sudah tidak normal.

Penyebab lainnya dari cedera engkel yaitu berlari atau berjalan di permukaan yang tidak rata dan sepatu atau peralatan olahraga yang kurang pas.

Tanda-tanda cedera engkel

Tanda dan gejala cedera engkel diantaranya terasa nyeri saat melakukan gerakan perpindahan, mengalami pembengkakan pada kaki yang terkena cedera. Rasa sakit sebenarnya hampir sama dengan rasa nyeri, namun rasa sakit lebih tinggi tingkatan sakitnya daripada rasa nyeri. Karena bila seseorang mengalami cedera engkel dan merasakan sakit yang berlebihan dibagian yang digunakan didaerah tersebut sudah semakin parah. Oleh karena itu cedera engkel harus segera diobati.

Demikian informasi tentang penyebab dan tanda-tanda cedera engkel yang dapat kami hadirkan di website obat pengapuran tulang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *