Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Dewa Bagi Kesehatan

21 Mar

Banyak kandungan yang ada pada daun dewa yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Berikut adalah kandungan yang ada pada daun dewa diantaranya flavonoid, tannin, vanilat, polifenol, minyak astiri, saponin, asam klorogenat, asam p-kumarat, asam p-hidroksi benzoate, alkaloid, trirepenoid, sterol dan vitamin K. Namun khasiat daun dewa tidak banyak diketahui.

Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Dewa Bagi Kesehatan

Daun dewa memiliki nama latin gynura divaricata. Ciri-ciri dari tanaman ini adalah memiliki tinggi 30-40 cm, tegak, batang daunnya pendek lunak berbentuk segi lima, tangkainya pendek, bulat lonjong berdaging, berbulu halus, ujung daunnya lancip. Tanaman ini juga mempunyai bunga majemuk yang tumbuh di ujung batang, berkelopak hijau berbentuk cawan, dan benang sari berwarna kuning berbentuk jarum.

Khasiat Dan Manfaat Daun Dewa Bagi Kesehatan

Ada banyak manfaat dan khasiat daun dewa bagi kesehatan. Berikut adalah manfaat daun dewa beserta cara pengolahannya:

Menurunkan darah tinggi

Salah satu manfaat daun dewa bagi kesehatan adalah dapat membantu menurunkan darah tinggi. Cara mengolah daun dewa untuk penderita darah tinggi adalah sediakan 7 lembar daun dewa, cuci hingga bersih, rebus dengan menggunakan 3 gelas air, rebuslah hingga mendidih hingga tersisa 2 gelas. Saring dan minum air rebusannya, minum ramuan ini 2 kali sehari setelah makan. Selain direbus, daun dewasa juga bisa dimakan secara langsung sebagai lalapan.

Mengobati luka memar

Daun dewa juga bisa dimanfaatkan sebagai obat luka memar yang alami. Cara mengolahnya sangat mudah yaitu sedikan darun dan umbi daun dewa sekitar 20 gram, sediakan juga daun jarak segar 10 lembar, cuci terlebih dahulu bahan-bahannya. Setelah itu haluskan semua bahannya samapi halu. Tempelkan pada luka yang memar dan terasa sakit.

Mengurangi nyeri perut ketika haid

Kram dan nyeri di perut ketika haid sering dialami oleh sebagian wanita. Kram dan rasa nyeri saat haid bisa diatasi dengan mengkonsumsi ramuan alami yaitu air rebusan daun dewa. Cara mengolahnya sangat mudah yaitu sediakan beberapa lembar daun dewa, cuci terlebih dahulu, setelah itu rebus dengan air sampai mendidih. Minum ramuan ini selagi hangat ketika nyeri perut saat haid.

Stroke

Daun dewa juga bermanfaat untuk mengobati stroke. Cara mengolah dan dewa untuk stroke adalah sediakan daun dewa terlebih dahulu, sediakan juga biji ginko dna madu secukupnya. Cuci terlebih dahulu daun dewa. Tumbuk daun dewa dan biji ginko, peras dna ambil sarinya. Campurkan madu secukupnya. Minum ramuan ini 2 kali sehari.

Cara yang kedua adalah rebus daun dewa yang telah dicusi bersih, saring dan ambil airnya. Minum air rebusannya 2 kali sehari.

Rematik

Rematik sering kambuh? selain mengkonsumsi obat rematik, anda juga bisa mengkonsumsi ramuan daun dewa. Cara mengolahnya sangat mudah yaitu cuci terlebih dahulu daun dewa, rebus dengan menggunakan air, rebuslah sampai mendidih dan saring. Kemudian minum air rebusannya.

Diabetes

Ramuan daun dewa sangat cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes. Karena daun dewa bersifat hipoglikemin yang bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar gula dalam darah.

Cara mengolah daun dewa untuk mengobati diabetes yaitu cuci terlebih dahulu daun dewa yang telah disediakan, rebus dengan menggunakan air, rebus hingga mendidih, kemudian minum air rebusannya. Anda bisa menambahkan sedikit gula merah atau gula batu.

Mengobati luka bekas gigitan binatang buas

Digigit binatang buas? dengan menggunakan ramuan daun salah satu cara untuk mengobati luka bekas gigitan binatang buas. Cara mengolah ramuan daun dewa sangat mudah yaitu cuci beberapa umbi daun dewa terlebih dahulu, tumbuk dan kemudian terapkan pada luka bekas gigitan binatang buas.

Manfaat lainnya daun dewa bagi kesehatan adalah dapat membantu meredakan rasa nyeri, dapat dijadikan sebagai obat penurun panas dan juga dapat dijadikan sebagai obat pembersih racun dalam tubuh. Semoga setelah anda membaca informasi tentang khasiat dan manfaat daun dewa, anda memanfaatkannya untuk penyakit  diabetes, stroke, rematik ataupun kram atau nyeri saat haid. Semoga dapat membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *