Mengenal Jenis-jenis Rematik

20 Dec

Rematik adalah peradangan kronis yang disebabkan oleh gangguan autoimun. Rematik dibagi menjadi beberapa jenis. Bahkan dalam bidang kedokteran, ada lebih dari 100 jenis rematik. Namun, jenis rematik yang umum terjadi ada 5 diantaranya rhematoid arthritis, osteoartritis, sindrom sjogren, ankylosing spondylitis dan rematik gout.

Mengenal Jenis-jenis Rematik

Rematik bisa disebabkan oleh berbagai factor diantaranya faktor umur, melakukan pekerjaan berat, pola makan tidak sehat, gaya hidup tidak sehat dan system daya tahan tubuh yang rendah.

Jenis-jenis Rematik

Rhematoid arthritis

Rhematoid arthritis ialah jenis rematik yang paling umum diderita oleh kebanyakan orang. Rhematoid arthritis terjadi sebab system daya tahan tubuh secara keliru menyerang jaringan-jaringan terhadap persendian. Gejalanya merupakan bengkak dibagian sendi, terasa kaku dibagian sendi, kulit di persendian terasa panas dan berwarna merah juga sendi terasa sakit.

Osteoartritis

Osteoartritis adalah jenis rematik yang mengakibatkan rasa sakit dan membatasi kegiatan persendian dan lambat laun bisa membuat kerusakan tulang.Jenis rematik ini biasanya muncul seiring pertambahan usia.

Gejala osteoartritis

  • Sakit di bagian persendian
  • Terasa kaku dibagian persendian
  • Sakit pada sendi saat disentuh

Sindrom sjogren

Sindrom sjogren yakni penyakit radang persendian yang terjadi sebab system daya tahan tubuh keliru menyerang jaringan yang sehat. jenis rematik ini kebanyakan diderita oleh wanita.

Gejala sindrom sjogren

  • Mulut terasa kering
  • Mudah mengalami iritasi pada mata
  • Sering mengalami sariawan
  • Mudah mengalami gangguan kesehatan pada gusi dan gigi.
  • Sakit di bagian persendian

Ankylosing spondylitis

Ankylosing spondylitis adalah peradangan yang kronis yang menyerang area tulang belakang dan bagian tubuh yang lain. gejala ankylosing spondylitis diantaranya sakit punggung saat berdiri, rasa sakit dapat muncul dari bagian bawah tulang belakang sampai ke bagian atas tulang belakang, rasa sakit pada pantat, nyeri dibagian tubuh yang berada diantara leher dan tulang belikat, kesulitan membungkuk.

Rematik gout

Rematik gout dinamakan pula dengan asam urat. Rematik asam urat berlangsung dikarenakan jumlah asam urat pada persendian terlalu banyak. Penyebab dari jenis rematik ini yaitu faktor umur, gaya hidup tidak sehat sepeti minum minuman alkohol dan pola makan tidak sehat seperti konsumsi makanan yang banyak mengandung purin. sedangkan faktor resiko yang meningkatkan seseorang menderita rematik gout ialah orang dengan berat badan berlebih (obesitas), mempunyai riwayat darah tinggi dan diabetes, dan faktor keturunan.

Gejala rematik gout

  • Bengkak di bagian persendian
  • Sakit didaerah persendian
  • Kulit pada area persendian kelihatan mengelupas juga terasa gatal saat radang sendi

Demikian informasi mengenai jenis-jenis rematik, penyebab dan gejalanya. Beberapa jenis rematik tidak hanya diderita oleh orang tua dan lanjut usia. Tapi bisa diderita juga  pada orang yang berusia muda. Sehingga, harus selalu memperhatikan setiap aktivitas yang dilakukan setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *