Kandungan Gizi Dan Manfaat Sayur Kale Bagi Kesehatan

2 Mar

Kale memiliki nama ilmiah brassica oleracea acephala. Sayuran kale memiliki banyak kandungan gizi yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan gizi yang ada pada kale diantaranya kolin, zat besim mangan, fosfor, magensium, dan juga memiliki banyak vitamin Seperti vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B., vitamin B6 dan vitamin B9. Sayuran kale tidak hanya memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, namun juga sayuran ini sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalankan penurunan berat badan secara alami.

Kandungan Gizi Dan Manfaat Sayur Kale Bagi Kesehatan

Kale berdaun hijau keriting yang masih dalam satu keluarga dengan kubis, bungkul dan brokoli. Tapi kale memiliki karakteristik tersendiri. Untuk mengolah sayuran kale sama seperti sayuran biasa yaitu diolah menjadi jus, salad dan bisa dimasak.

Manfaat Sayuran Kale Bagi Kesehatan

Kesehatan tulang

Kale adalah salah satu sayuran yang tinggi kalsium yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh juga kesehatan tulang. Bahaya kekurangan kalsium adalah dapat memperbesar peluang untuk osteoporosis. Oleh karena itu, cukupi kebutuhan asupan kalsium dari makanan ataupun minuman.

Sumber vitamin K

Selain kalsium, sayuran kale juga mengandung vitamin K. Seperti yang telah diketahui bahwa kandungan ini berperan penting terhadap kesehatan tulang dengan cara mempromosikan pembentukan dan penguatan tulang. Selain itu, vitamin K juga diperlukan tubuh untuk mencegah penggumpalan darah, bisa mengakibatkan kerusakan saraf di otak. Sehingga sangat berperan dalam pengobatan penderita penyakit alzheimer.

Kesehatan mata

Sayuran kale mengandung vitamin A. Seperti yang telah diketahui bahwa kandungan ini dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu vitamin A juga berperan penting dalam menjaga kesehatan selaput lendir, kulit. Oleh karena itu cukupilah asupan vitamin A dengan mengkonsumsi makanan atau minuman.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tidak hanya buah jeruk yang mengandung vitamin C tinggi. Sayuran kale juga mengandung vitamin yang tinggi. Vitamin C adalah antioksidan kuat yang dapat membantu tubuh untuk mengembangkan kekebalan tubuh terhadap infeksi dan anti radikal bebas.

Membantu mengurangi peradangan pada sendi

Sayuran kale juga memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang memberikan manfaat anti-inflamasi yaitu dapat membantu mengurangi peradangan pada sendi, membantu mengurangi peradangan pada pembuluh darah, baik untuk kesehatan otak dan memberikan manfaat penting bagi kesehatan secara keseluruhan.

Manfaat lainnya mengkonsumsi sayuran kale bagi kesehatan diantaranya membantu mengurangi risiko kanker, membantu melancarkan pencernaan, mambantu menurunkan kolesterol, dan membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Mengkonsumsi sayuran kale dalam jumlah yang banyak tidak akan berbahaya. Namun bagi yang mempunyai gangguan dengan kelenjar tiroid dan batu ginjal, disarankan untuk tidak mengkonsumsi sayuran ini terlalu banyak karena kale memiliki kandungan glucosinolate. Kandungan ini bisa memperbesar kelenjar tiroid. Selain itu juga kale mengandung asam oksalat yang kurang baik bagi penderita ginjal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *