Gejala Rematik Dan Cara Mencegahnya

29 Dec

Rematik ialah penyakit yang mengakibatkan nyeri atau pegal-pegal terhadap anggota gerak terutama pada sendi. Ada banyak penyakit yang termasuk dalam penyakit rematik diantaranya rhematoid arthritis (RA), ostearthritis (OA), lupus dan lain-lain. Seperti penyakit yang lain, rematik juga mempunyai ciri dan gejala yang butuh diperhatikan agar dapat mendapati penanganan sebelum semuanya jadi terlambat dan lebih susah buat ditangani.

Gejala Rematik Dan Cara MencegahnyaGejala Rematik

Kesemutan

Kesemutan terjadi lantaran peredaran darah tidak lancar maka akhirnya tampaknya seperti bagian tubuh tertentu kesemutan. Bahkan kesemutan juga dapat terjadi terhadap sendi ataupun otot tertentu maka rematik juga akhirnya dialami.

Sendi membengkak

Sendi membengkak dapat menjadi jadi tanda dan gejala penyakit rematik. Pembengkakan tidak cuma terjadi di bagian sendi saja, tapi pula dapat terjadi dibagian otot. Umumnya orang beranggapan bahwa sendi dan otot membengkak ialah sebagai keadaan keseleo atau cedera otot. Namun pada saat anda menemukan sendi membengkak, untuk memastikan apakah anda terkena rematik atau keseleo, sebaiknya periksaka diri anda ke dokter.

Kaku dibagian sendi

Sendi yang kaku jangan sampai dianggap remeh sebab ini merupakan gejala awal dari adanya asam urat dan rematik. Sendi terasa kaku umumnya memang lah belum pasti asa urat ataupun rematik. Namun, jikalau sendi pada bagian manapun terasa kaku, penyakit tematik bisa jadi keadaan yang anda alami sebenarnya.

Benjolan atau nodul

Seseorang mampu diketahui menderita rematik juga saat muncul benjolan yang terdapat di bawah kulit. Letak dari benjolan atau nodul ada di dalam persediaan dan pembentukan dari nodul ini mampu terjadi selama penyakit alami.

Mudah memar

Mudha memar juga yaitu pertanda rematik. Kulit yang ada di permukaan sendi dapat sangat mudah memar persis seperti disaat anda sesudah jatuh atau berbentur sesuatu. kalau memar terjadi tanpa lantaran, sebaiknya periksakan diri anda ke dokter.

Kulit memerah

Kulit kemerahan menandakan anda mampu saja terkena asam urat. Dan asam urat ini berujung bagi rematik, maka gejala seperti ini butuh diperiksa oleh dokter dan di diagnosis dengan benar lebih dulu.

Bila anda mengalami gejala rematik diatas, sebaiknya segera lakukan pengobatan dengan mengkonsumsi obat rematik. selain harus mengetahui gejala rematik, ketahui pula pencegahan rematik. Berikut adalah langkah-langkah pencegahan rematik diantaranya:

  • Olahraga yang teratur seperti jalan kaki
  • Mengatur pola makan
  • Menjaga berat badan
  • Mengurangi kegiatan fisik yang berlebihan bagi kelompok umur lanjut.
  • Gunakan sepetu yang memang lah nyaman.
  • Ketika melaksanakan olahraga, sehingga lakukan pemanasan yang pass.

Itulah beberapa gejala penyakit rematik dan pencehannya. Semoga dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *