Faktor Resiko Pengeroposan Tulang

17 Jun

Faktor Resiko Pengeroposan Tulang,- Pengeroposan tulang yakni sebuah kondisi dimana terjadi penurunan kepadatan tulang pada tubuh seseorang. Hal ini terjadi karena perusakan sel tulang tak seimbang dengan pembentukan sel baru, adalah lebih banyak perusakannya.

Tulang keropos ditandai dengan hilangnya sel tulang secara berlebih, tulang tak sepadat semula, tidak tahan tekanan , benturan dan mudah cedera. Pengeroposan biasanya dapat timbul rasa nyeri, kekuatan fisik menurun. Tetapi, tulang keropos ini lebih sering tak menunjukan gejala yang bisa diketahui.

Beberapa Faktor Resiko Pengeroposan Tulang

Usia

Makin bertambahnya usia maka semakin besar kehilangan kepadatan tulang juga semakin besar serta kemungkinan mengalami pengeroposan tulang.

Keturunan dan jenis kelamin

Kepekaan terhadap patah tulang sebahagian disebabkan oleh faktor keturunan dan jenis kelamin. Perempuan memiliki resiko mengelami pengeroposan tulang 7 kali lebih besar daripada laki laki, mengingat kepadatan tulangnya lebih rendah , apalagi sesudah menopause.

Jarang olahraga

Jarang olahraga mampu meningkatkan resiko pengeroposan tulang. Latihan fisik penting dalam pembentukan pertahanan tulang. Dengan olahraga jalan kaki dapat memperbesar juga memperkuat tungkai maka tulang lebih padat. Sedangkan kurangnya latihan fisik dapat meningkatkan kehilangan zat tulang, maka mempercepat pengeroposan tulang.

Kerangka tubuh

Seseorang dengan kerangka tubuh kecil, cenderung lebih sering mengalami tulang keropos . Faktor ini jika dibandingan dengan postur tubuh lebih besar.

Nah itulah informasi beberapa faktor resiko pengeroposan tulang yang dapat kami hadirkan di situs obat pengapuran tulang. Semoga dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *