Fakta-Fakta Mengenai Tulang

10 Jun

Fakta-Fakta Mengenai Tulang,- Tulang adalah bagian dari tubuh yang berfungsi untuk menopang tubuh sehingga kita bisa berdiri, berjalan, membawa beban berat dan beraktivitas lainnya dengan lancar. Namun sayangnya kesehatan tulang sering terabaikan. Banyak cara untuk menjaga kesehatan tulang yaitu dengan rajin olahraga, cukupi kebutuhan vitamin D, hilangkan kebiasaan buruk (merokok dan minuman beralkohol), dan cukupi kebutuhan kalsium. Kalsium membantu menjaga kepadatan tulang dan kekuatan tulang sehingga tak mudak keropos atau mengalami osteoporosis. Seiring bertambanhnya usia, maka kepadatan tulang oun akan semakin berkurang. Itulah sebabnya mengapa menabung kepadatan tulang sejak dini perlu dilakukan sehingga kekuatan tulang akan semakin lebih lama & tak mudah mengalami pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Fakta-Fakta Mengenai Tulang

1.Tulang selalu mengalami pembentukan ataupun penyerapan secara terus-menerus. Proses ini disebut dengan proses remodeling. Hanya saja proses ini terjadi pada orang-orang yang sehat.
2.Proses pembentukan tulang terjadi pada usia anak-anak & remaja. Pada usia anak-anak & remaja lebih banyak proses pembentukan tulang daripada proses penyerapan tulang daripada proses penyerapan tulang.
3.Menabung tulang sebaiknya dilakukan sejak dini. Hal ini perlu dilakukan supaya ketika puncak masa tulang kepadatannya lebih optimal. Saat terjadi proses pengurangan masa tulang secara alami karena bertambahnya umur maka tabungan tulang tersebut masih cukup. Sehingga risiko terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang dapat di minimalisir.
4.Penipisan tulang dapat terjadi pada usia muda. Wanita muda berhenti menstruasi akan memiliki proses meniru hormon menopause, yang menyebablan hilangnya tulang. Anoreksia pada khususnya bisa membahayakan tulang dengan menghentikan menstruasi.
5.Alkohol buruk untuk tulang. Kebiasaan minum alkohol atau minuman berat dari waktu ke waktu bisa menyebabkan kekurangan kalsium dan penisipan tulang lebih parah yang dkenal sebagai osteoporosis. Merokok juga merupakan faktor risiko yang diketahui untuk osteoporosis.
6.Lemak perut merugikan tulang. Hasil penelitian menunjukan bahwa wanita premenopause yang mempunyai kelebihan lemak dibagian tengah tubuh mereka berada pada peningkatan risiko untuk osteoporosis. Sebab lemak perut berbeda dari lemak pada paha atau pantat. Lemak perut ialah lemak jahat dan sangat aktif secara metabolik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *